#Advertisement

10 Langkah Bikin Web Gratis Selamanya di Google Sites

Bikin web gratis selamanya? sangat mudah sekali karena ada yang namanya Google Site merupakan salah satu free product dari Google. Sobat irhyt ada yg belum memahami atau belum pernah dengar tentang Google Site?

Sama halnya dengan namanya, menggunakan layanan Google Site ini kita sanggup menciptakan sebuah website gratis terbaik atau situs profesional buat banyak sekali kebutuhan. contohnya Mulai dari sebuah situs profil perusahaan (company profile), situs portofolio, atau situs jenis lainnya.

10-Langkah-Bikin-Web-Gratis-Selamanya-di-Google-Sites
10 Langkah Bikin Web Gratis Selamanya di Google Sites

untuk saat ini, memang telah terdapat banyak sekali website builder (tempat cara membuat website sendiri gratis) lain yg telah lebih populer atau muncul duluan, sebut saja seperti Wix, Weebly, wordpress, blogspot dan lain-lainnya.

Google Site jua menunjukkan banyak sekali kelebihan yg sama seperti Wix & Weebly ataupun website builder lainnya, yaitu mampu melakukan pembuatan situs yang sangat mudah karena menggunakan metode drag and drop. Sehingga Sobat irhyt yg belum pernah menciptakan situs sebelumnya, akan sangat dimudahkan menggunakan Google Site ini.

Kamu bahkan ga perlu belajar bahasa pemrograman seperti html dan kawan-kawannya sama sekali loh, karena kamu akan tahu cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula. Tapi yg harus digaris bawahi, ada yang membedakan Google Site dengan menggunakan website builder yang lainnya ialah sobat irhyt bisa memakai semua layanan ini secara gratis sepenuhnya tanpa membayar sepersen pun dan karena ini bikin web gratis selamanya dari google.

Situs sobat irhyt nantinya akan di hosting di tempat Google. Jadi sobat irhyt ga perlu lagi meragukan layanan ini ya. lagian siapa yang tidak tahu pelayanan siraksasa ini kan karena itu google site merupakan layanan website gratis terbaik menurut aku.

Nah, dalam artikel bikin web gratis selamanya kali ini aku akan bikin tutorial bagaimana cara bikin website gratis menggunakan Google site ini.

1. Persiapkan sebelum kamu bikin web gratis selamanya di Google Sites


Ada beberapa hal yg wajib sobat irhyt siapkan terlebih dahulu sebelum bikin web gratis selamanya di Google Sites, yakni ada 3 persiapan : 

  • Persiapkan 1 Akun Google (Gmail)
  • Tersedia Web Browser modern (bebas antara Chrome, Firefox, Safari)
  •  Koneksi internet (ini yang penting :v)

2. Cara Pertama bikin web gratis selamanya di Google Sites


apabila seluruh persiapan diatas telah terpenuhi, sobat irhyt bisa menuju langkap pertama, yaitu membuka web browser, lalu kunjungi sites.google.com atau melalui link ini. Setelah itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


3. Buat website gratis dari google sites pertama kamu


Pada Google Sites, klik tombol “Buat situs baru” yg terdapat pada pojok kanan bawah.


4. Membuat Header (Judul Situs)


Berikutnya akan ada laman template situs. Klik laman judul buat memberi judul situs yg sobat irhyt bikin. Jangan lupa buat mengubah header default menggunakan nama situs yg sobat irhyt inginkan. Berikut ini merupakan nama situs yg telah aku ganti. Silahkan sobat irhyt pakai nama situs bebas ya.


5. Menambahkan Logo Situs


Situs yang sobat irhyt buat tentu wajib mepunya identitas. Setelah nama, situs kamu jua butuh sebuah logo supaya terlihat lebih profesional. Untuk menambahkan logo, klik “Tambahkan logo” lalu klik tombol “UPLOAD”.

Lalu cari logo yg telah sobat irhyt siapkan, jika belum punya logo sobat irhyt bisa memakai Canva untuk membuatnya. Setelah logo berhasil kamu upload, lalu akan ada pada situs kamu. Berikut ini merupakan logo situs yg aku bikin.


6. Mengubah Background Header Situs


Langkah Selanjutnya supaya situs Sobat irhyt semakin menarik, kita bisa mengubah gambar latar belakang headernya. Sorot mouse ke bagian gambar header, kemudian klik tombol “Ubah gambar”. Ada 2 metode yg sanggup kamu pakai. Yaitu metode upload memakai gambar bikinan sendiri, atau metode pilih gambar yg telah disediakan sang Google. 

Pada tutorial bikin web gratis selamanya kali ini, aku akan memakai gambar menurut Google untuk mempersingkat waktu. Kalau telah selesai, maka gambar tadi akan ada menjadi latar belakang pada judu situs. sobat irhyt bisa melihat di screenshot dibawah ini.


7. Menambahkan sebuah Elemen Teks


Selanjutnya kita mampu menambahkan elemen-elemen lain ke pada situs. terdapat banyak sekali elemen yg bisa sobat irhyt masukkan, mulai hingga teks, gambar, maps, sampai video YouTube. Kali ini aku akan menambahkan elemen berupa teks. 

Caranya dengan menggunakan klik tombol “Kotak teks” yg terdapat pada sidebar sebelah kanan. Maka akan ada teks pada situs sobat irhyt, silahkan ganti menggunakan teks yg kamu inginkan. Seperti keterangan tentang situs, deskripsi diri kamu, atau yg lainnya tergantung situs yg sobat irhyt bikin.


8. Menambahkan Tata Letak Lainnya


Kita bisa menambahkan tata letak. seperti komponen situs yg terdiri menurut gambar & teks menggunakan posisi yg mampu disesuaikan. Untuk menambahkan tata letak teks & gambar, sobat irhyt sanggup temukan dalam bilah “Tata letak” yg terdapat pada bilah sisi sebelah kanan.

Contohnya sanggup kamu lihat dalam screenshot dibawah ini. Sebenarnya terdapat banyak lagi komponen yg sanggup engkau masukkan ke situs. Seperti tombol, pemisah, dan masih banyak yang lainnya. Silahkan kamu masukkan komponen-komponen yg diperlukan di situs kamu. Di sini aku hanya menuliskan dasar-dasarnya saja.


9. Publikasikan Website kamu


Publikasikan Situs kamu Agar Bisa Dikunjungi Orang Lain dan di index oleh robot google. Setelah situs berhasil dibuat, tentu kita ingin supaya orang lain sanggup mengunjungi situs tadi. Nah, pada Google Sites, kita juga mampu melakukan hal tadi.


Baca Juga : Perbedaan Situs Web dan Blog, Persamaan dan Pengertiannya


Caranya merupakan menggunakan menu bawaan dengan cara klik tombol “PUBLIKASIKAN”. Kemudian kamu sanggup membuat alamat situs. Pastikan bahwa alamat situs engkau masih tersedia. Nantinya format alamat situs engkau berformat subdomain, contohnya seperti ini " sites.google.com/view/namasitus" Jika telah kamu klik tombol “PUBLIKASIKAN” lagi yg terdapat pada window munculan.


10. Website Kamu sudah bisa di Akses


Kini cobalah buat akses situs yg engkau untuk memakai Google Sites. Kamu juga sanggup memberikan situs tadi ke orang lain, misalnya teman, kolega, keluarga dan lainnya.

untuk cara bikin web gratis selamanya atau buat website gratis dari google Sites dari aku sangat cocok buat menciptakan situs company profile, CV, Web Blog atau semacamnya, jadi kamu sudah tahu cara membuat website sendiri ya.

Namun, Kurang cocok buat blog, lantaran memang fiturnya sangat penekanan buat menciptakan situs profile. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba ya sobat irhyt.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

#You may also like

#Advertisement 04